Wednesday, October 10, 2007

Mother of Pearl - Shell Art

The technique of decorating objects with mother of pearl began during the Tang Dynasty(618-907) in China.

Mother of Pearl - Shell is consists of transparent crystals of calcium carbonate (CaCO3). These crystals produce iridescent colors when light shines on them, like a prism. The china craftsman captures these numerous colors in small, delicate pieces, they are transformed into beautiful lady, flowers and birds.
Kemilau keindahan mutiara telah melegenda di seluruh dunia. Namun ternyata kerang mutiara bukan hanya diburu karena mutiaranya saja, tetapi juga cangkangnya, dari kulit keras dan kusam ini ternyata di tangan seniman dapat diubah menjadi barang seni yang tak kalah kemilaunya.

Kulit kerang mengandung kalsium karbonat ( CaCO3) sehingga menghasilkan prisma kristal warna warni yang kemilau apabila disinari cahaya lampu. Di tangan sorang seniman potongan-potongan kecil kulit kerang warna warni tersebut dapat dirangkai menjadi karya seni indah, baik berupa seorang putri, bunga, atau ornament tanaman.

Berdasarkan catatan sejarah, di negeri Tiongkok Cina, Teknik dekorasi rangkaian kulit kerang telah ada sejak Dinasti Tang (618-907).
Mozaik bergambar empat dewi penjaga pagoda ini berasal dari negeri cina, tidak diketahui tahun pembuatannya, dibuat secara detail dengan mengkombinasikan potongan-potongan kecil kulit kerang, penempatan warnanya begitu serasi sehingga dapat mempakan sosok dewi dengan lekuk gaunnya secara natural.
Secara keseluruhan Mozaik kerang kerang bergambar empat dewi ini merupakan hiasan pada sebuah pembatas ruang (sketsel) kayu…. Suatu karya seni yang indah.

No comments: