Wednesday, October 10, 2007

THE BLAWONG

The blawong or blawongan is a wall plaque that is used in Java to display a keris upon a wall. It is usually carved with abstract floral designs, or with wayang or other figures. The keris that is usually kept in a blawongan is one with some talismanic attribute. Their use is much favoured in a traditional village setting.


Blawong adalah papan kayu berukir atau polos berbentuk empat persegi panjang yang berfungsi sebagai papan pajang keris dan banyak dijumpai pada masyarakat kuno di Jawa, Indonesia.

Blawong diperkirakan mulai muncul pada masa puncak perkembangan keris saat kejayaan Mataram di bawah pimpinan Sultan Agung sekitar 1960-an, meskipun dari sisi motif diperkirakan lebih muda, karena gambar wayang baru ada pada masa para wali. Gambar wayang yang sering dijumpai sebagai ornamen blawong adalah wayang purwo atau wayang kulit dan wayang klithik. Tokoh yang banyak digambarkan yang berobyek wayang purwo adalah para Pandawa, sedangkan wayang klithik menampilkan tokoh-tokoh dalam cerita Panji Asmara Bangun.

No comments: